Rabu, 06 September 2017

Kisah Mahasiswa Korea Tertarik Kuliah di UMM



Prestasi internasional yang diraih Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah membuka jalan bagi Songhyun Kim untuk menjadi mahasiswa baru di kampus ini. Mahasiswa asal Busan, Korea Selatan ini mengenal UMM salah satunya melalui prestasi Paduan Suara Mahasiswa Gita Surya UMM saat menjuarai Choral Busan Festival and Competitionempat tahun lalu di Korea Selatan.
“Iya, saya pernah tahu kelompok paduan suara UMM pernah juara lomba di Busan. Ini bagus sekali, bisa memenangkan kompetisi itu. Padahal sulit sekali,” kata Kim sambil mengacung-acungkan jempolnya.
Selain karena prestasi itu, Kim mengaku juga mendapatkan rekomendasi dari seniornya di Busan University of Foreign Studies (BUFS) Korea Selatan. Saat itu seniornya di BUFS pernah mendapatkan beasiswa Darmasiswa RI di salah satu kampus di Malang.
“Saya direkomendasikan oleh senior saya untuk belajar di UMM. Dulu dia juga belajar di Malang, tapi bukan di UMM. Tapi saya disarankan untuk belajar di UMM. Katanya UMM bagus,” ujar mahasiswa yang sebelumnya mengambil program studi Indonesia-Malaysia di BUFS ini.
Ketika pertama kali datang ke kampus ini, Kim mengaku langsung menyukai UMM, karena keramahan orang-orangnya dan kesejukan udaranya. “Banyak orang baik di sini. Saya belum keliling semua kampus, tapi saya suka danaunya, sejuk. Bagus sekali kampusnya,” kesan Kim.
Menariknya, Kim bertekad tak mau berbicara dalam bahasa Inggris maupun bahasa Korea selama di Indonesia. Ia akan berusaha berbicara bahasa Indonesia. "Ya, saya harus bicara bahasa Indonesia," tekadnya sambil tersenyum lebar. (humas UMM)

1 komentar: