Rabu, 23 Agustus 2017

Kisah Jamaah Haji Bersepeda dari London ke Madinah




Akhirnya sekelompok calon jemaah haji dari Inggris menggunakan sepeda dari London tiba di  Madinah. Di Madinah, para jemaah tersebut disambut dengan nyanyian dan tarian, juga taburan bunga dan air zamzam.
Para jemaah itu tiba di Arab Saudi, Jumat (18/8/2017), melalui Jeddah dan mengakhiri perjalanan di Madinah, sebelum mengikuti ritual ibadah haji di Mekah. Mereka berangkat dari London Timur, Jumat (14 Juli 2017). Selain masyarakat setempat, para jemaah itu juga disambut oleh kalangan kelompok sepeda lokal seperti Saudis Cyclist.
Seorang jemaah yang berpartisipasi, Taher Akhtar, mengatakan dirinya sangat terharu saat ia dan sepedanya akhirnya menginjak Madinah. "Kami sudah melalui hujan, panas terik, badai pasir, tanjakan curam, sampai mengalami mati rasa pada jari dan hidung," cerita Akhtar sembari menghapus air mata.
Setelah menempuh perjalanan lebih dari 3000 kilometer akhirnya sampai juga ke kota Nabi sebelum menunaikan haji di Makkah  "Atas rida Allah, semua mudah kami lalui. Kami sungguh merasakan rahmatNya," ucapnya lagi.
Menurut para jemaah tersebut, perjalanannya memakan waktu hingga enam minggu, yang ditempuh dari London, melintasi Perancis, Swiss, Italia, Yunani, dan Mesir. Mereka naik Ferri sebanyak 3 kali, dari Inggris ke Perancis, Italia ke Yunani dan Mesir ke Arab Saudi.

Tujuannya, selain pergi haji juga  untuk menggalang dana bagi pengungsi Suriah. Aksi itu dilakukan sebagai proyek amal sebuah kelompok pesepeda melalui badan amal Human Aid UK, yang diberi nama 'Hajj Ride'.
"'Hajj Ride' merupakan kegiatan bersepeda untuk amal pertama yang pernah dilakukan," demikian penjelasan dalam situs resmi Human Aid.
Dikatakan tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah mengumpulkan dana hingga sejuta poundsterling Inggris untuk pengungsi Suriah. "Dilakukannya memang sembari mempersiapkan diri untuk melakukan ritual ibadah tersulit dalam Rukun Islam, yakni ibadah haji," tambahnya. (Arab News/Al Arabiya).

2 komentar: